perangkat lunak

Semua perangkat lunak solusi antivirus tetap didukung pada sistem operasi Microsoft Windows 7 setelah Microsoft mengakhiri dukungannya pada 14 Januari 2020.

Sistem operasi Windows 7 memiliki basis penggunaan yang besar bahkan setelah dukungan berakhir. Sementara tren menunjukkan penurunan untuk beberapa waktu, statistik penggunaan NetMarketShare terbaru menunjukkan bahwa itu masih diinstal di lebih dari 30% perangkat desktop di seluruh dunia.

Pelanggan perusahaan dan bisnis dapat membeli ekstensi dukungan hingga tiga tahun; Microsoft memutuskan untuk tidak memberikan penawaran yang sama kepada pengguna Windows 7 versi Home. Sementara dukungan Microsoft berakhir pada Januari, beberapa produk perusahaan dan sebagian besar produk pihak ketiga terus mendukung Windows 7 setidaknya untuk saat ini.

Solusi antivirus sangat penting untuk perangkat yang terhubung ke Internet atau jaringan publik, terutama jika sistem operasi itu sendiri tidak mendukung dan tidak akan menerima pembaruan keamanan lagi.

Adapun pengguna Windows 7 versi Home dapat menggunakan solusi yang disediakan oleh 0Patch untuk menerima beberapa patch keamanan gratis (beberapa berbayar) untuk Windows 7 setelah dukungan berakhir.

Solusi antivirus tidak pernah memberikan perlindungan 100% dan terlebih lagi jika menyangkut sistem operasi yang tidak lagi didukung dengan patch keamanan. Namun, solusi antivirus yang baik dapat mencegah serangan tertentu atau mengurangi dampak serangan tersebut, terutama jika diperbarui secara berkala.

Lembaga pengujian antivirus Jerman AV Test ingin mengetahui solusi antivirus mana yang akan terus mendukung sistem operasi Microsoft Windows 7 setelah dukungan berakhir, dan untuk berapa lama.

Lembaga tersebut menghubungi perusahaan antivirus untuk mencari tahu dan menerbitkan tabel temuannya di situs webnya. Menurut informasi, sebagian besar solusi antivirus terus didukung pada Windows 7 setidaknya untuk selama dua tahun ke depan. Semua perusahaan terus mendukung solusi antivirus mereka dengan pembaruan tanda tangan untuk saat ini. Berikut perangkat lunak antivirus yang bisa dipakai di Windows 7:

  1. Microsoft Security Essentials — tidak ada lagi pembaruan program, tetapi pembaruan verifikasi terus dilakukan.
  2. Sophos — dukungan lokal hingga Desember 2020, dukungan yang dikelola cloud hingga Juni 2021.
  3. McAfee — setidaknya hingga Desember 2021.
  4. F-Secure – setidaknya hingga Desember 2021.
  5. Avira — dukungan berakhir November 2022.
  6. AhnLab, AVG, Avast, Bitdefender, Bullgard, Carbon Black, ESET, FireEye, Data G, Ikarus, Kaspersky, K7 Computing, Microworld, PC Matic, Quickheal, Sqqrite, Symantec/NortonLifeLock, ThreatTrack / Vipre, TotalAV, Trend Micro — pendampingan minimal 2 tahun.

By Seth

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *